Menyaksikan Keindahan Stalaktit dan Stalagmit di Gua Gong Pacitan

Pacitan, sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur itu selain memiliki banyak pantai sebagai andalan di sektor pariwisata, juga memiliki sebuah objek wisata lain yang tak kalah pamornya yaitu Gua Gong. Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk berwisata, tak ada salahnya mencoba untuk menyusuri keindahan Gua Gong di Pacitan ini.

Wisata Gua Gong

Setiap ruangan dari Gua Gong memiliki keindahan tersendiri. Ada batuan kapur yang tumbuh menjulur dari bagian atas gua sampai menyentuh dasar gua. Stalaktit pun tak kalah cantiknya menjulang dari bawah ke bagian atas gua. Batuan tersebut terlihat semakin semarak dengan keindahan cahaya lampu yang berwarna- warni.

Gua Gong memiliki tujuh ruang yang masing- masing dibatasi oleh batu berongga. Gua Gong ini merupakan satu andalan wisata di Pacitan, oleh karena itu jangan heran dengan pemeliharaan dari tempat ini. Pengelola tempat wisata sudah membangun pembatas yang terbuat dari besi yang membuat Anda merasa semakin aman untuk menyusuri keindahan Gua Gong.

gua-gong

Jika Anda tak tahan dengan hawa yang panas, maka jangan khawatir. Karena di sana juga ada blower sebanyak enam buah yang telah dipasang untuk menjaga udara tetap sejuk dan segar.

Taman Bidadari adalah ruang pertama dari tujuh ruang totalnya. Taman Bidadari memiliki banyak batuan yang berbentuk lancip dan tidak beraturan. Di dekat pintu masuk, terdapat stalaktit dan stalagmit yang berbentuk seperti sedotan.

Menuju ruang yang kedua, Anda akan disuguhi pemandangan gundukan dengan permukaan yang tidak rata, itu seperti patung dengan jumlah yang banyak. Ruangan ini memiliki akses untuk langsung menuju ke ruang pertama dihubungkan dengan pintu yang berbentuk rongga.

Semakin jauh menyusuri Gua Gong, Anda tidak akan merasa bosan dengan pemandangannya malah semakin menikmati panorama di dalamnya. Lalu tiba giliran di ruangan yang ketiga, akan terlihat sebuah stalaktit yang besar. Warga desa menyebutnya selo dudur langit yang berarti batu penyangga langit.

Semakin dalam Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang kian cantik. Selain Selo dudur langit, ada juga batu lain yang disebut selo citra cipta agung yang berwarna lebih putih.

Pernahkah Anda mendengar sebuah fenomena tentang batu cengger bumi? Keunikan dan misteri batu ini ditunjukkan dengan suara seperti suara gamelan yang dihasilkan apabila Anda mencoba memukulnya. Jika Anda sedang berada di objek wisata ini, cobalah buktikan kebenarannya.

Untuk bisa masuk ke gua ini, tiket yang harus dibayar cukup murah yaitu Rp 12.000 per orang untuk liburan dan weekend. Sedangkan untuk hari biasa, orang dewasa hanya diharuskan membayar Rp 10.000. Sedangkan untuk anak- anak, harga tiketnya tetap sama antara hari biasa dan weekend yaitu sebesar Rp 5000 saja. Cukup murah untuk sebuah wisata yang mengagumkan bukan? Apalagi setelah kunjungan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2013 lalu, jumlah pengunjung meningkat tajam.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ke Pacitan terutama di Gua Gong. Oh iya, bagi Anda yang menginginkan liburan berbeda juga bisa ke Lombok. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan diving di Gili Trawangan. Menikmati pemandangan sambil menyewa sepeda atau bentor. Untuk menginapnya juga jangan khawatir karena di sekitar wisata di Lombok biasanya banyak homestay dengan pilihan harga yang sesuai budget Anda.