Danau Toba, Tempat Wisata Danau Terbesar Di Asia Tenggara

danau-toba

Salah satu ikon tempat wisata andalan dari Pulau Sumatera, Danau Toba adalah sebuah danau terbesar di Indonesia dan menjadi danau terbesar di kawasan Asia Tenggara serta juga menjadi danau terbesar ke 5 di Dunia. Terletak di Provinsi Sumatera Utara, danau ini pun menjadi salah satu danau terindah di Negara Indonesia. Mengapa ? Danau ini merupakan danau dengan jenis danau tekto vulkanik dengan memiliki panjang sekitar 100 km dan lebarnya sekitar 30 km

danau-toba

Sejarah Danau Toba

Danau ini terbentuk akibat dari letusan gunung supervolcano atau letusan gunung berapi super dari Gunung Toba yang terjadi sekitar 73.000 hingga 75.000 tahun yang lalu. Dan akibat dari letusan gunung berapi super tersebut terbentuklah sebuah kaldera dan kemudian menjadi sebuah danau dan juga muncul sebuah pulau di tengah danau dan diberi nama Pulau Samosir. Ya, Pulau Samosir ini berada di tengah tengah danau. Pulau tersebut memiliki luas yang hampir sama dengan luas dari Negara tetangga yakni Singapura. Andanya pulau di tengah danau tersebut tentunya menarik banyak minat wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjungi destinasi wisata alam yang menjadi ikon dari tempat wisata di Pulau Sumatera tersebut

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Pulau Sumatera, memang tak lengkap rasanya apabila Anda tidak berkunjung ke danau ini. Ya, danau ini berada sekitar 1000 meter diatas permukaan laut dan memiliki kedalaman sekitar 450 meter, tentunya menawarkan beberapa panorama keindahan seperti bukit yang berwarna hijau, air danau yang tampak jernih hingga dapat melihat serta mengunjungi Pulau Samosir yang berada di tengah tengah danau.

Danau ini juga menjadi salah satu Tempat Wisata di Lombok yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar dan juga menjadi salah satu pemasukan provinsi di sektor pendapatan pariwisata. Ya dengan banyaknya wisatawan tentunya menciptakan peluang usaha bagi masyarakat sekitar dengan menjual aneka makanan dan minuman serta souvenir. Dan juga menwarakan paket wisata perjalanan bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan mengelilingi pulau yang di diami oleh mayoritas suku batak tersebut.

Untuk Anda yang ingin mengunjungi Danau Toba, Anda dapat menggunakan angkutan umum, mobil atau pun motor pribadi. Dari bandara Kualanamu, Anda bisa langsung menuju kota Medan. Dari kota Medan, Anda dapat menaiki angkutan umum dari terminal Amplas untuk menuju ke kawasan Parapat. Namun, Anda juga dapat menaiki mobil atau pun motor untuk menuju kawasan Parapat. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang cukup memanjakan mata Anda ditambah dengan kondisi jalan yang berkelok kelok sehingga dapat memacu adrenalin Anda ketika berkendara untuk mencapai kawasan Parapat.

Setelah menempuh sekitar 2 hingga 2,5 jam perjalanan dari kota Medan, Anda tak perlu khawatir. Semua rasa lelah dan takut ketika berkendara menuju kawasan Parapat akan terbayarkan sudah dengan melihat keindahan Danau Toba yang terlihat biru apabila dilihat dari atas ketinggian. Tentunya Akan menjadi suatu pengalaman yang tidak terlupakan bila Anda mengunjungi danau terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Nah bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Samosir, Anda dapat melalui 2 cara yakni via darat dan juga laut. Bila Anda menggunakan jalur darat, Anda dapat melaluinya via Kabanjahe -Dairi- Panguruan – Tomok (Pulau Samosir). Bila melewati jalur darat, Anda akan melewati jembatan Panguruan dengan panjang sekitar 20 meter. Jembatan ini yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir.
Nah Bila melalui jalur laut, Anda dapat menumpang kapal dari Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Muara, dan Pelabuhan Tigaras